DEW Direktori Indonesia

Mengulas Pendidikan dan Teknologi

Bahasa Dan Teknologi

Bahasa di era sekarang mungkin akan lebih mudah dengan seiringnya waktu berjalan, bahasa itu dinamis ia berkembang dengan seiring waktunya berjalan perkembangan manusia. Hal ini tidak terkecuali pada Bahasa Indonesia yang merupakan bahasa nasional dan bahasa keseharian kita saat ini dan pemersatu masyarakat indonesia. di era teknologi informasi dan komunikasi ( Information and Communication Technology) sekarang ini, Bahasa Indonesia mengalami perkembangan pesat.

Perkembangan tersebut memicu perubahan-perubahan fundamental di dalam tubuh bahasa Indonesia yang selain membawa dampak positif juga membawa dampak negatif yang sangat krusial dalam proses pemertahanan eksistensi bahasa Indonesia di masa depan.

Perkembangan yang sangat pesat ini dibandingkan abad-abad sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh perkembangan teknologi yang sangat pesat, sehingga komunikasi antar manusia dinegara-negara yang jauh pun dapat dilakukan dengan praktis tanpa perlu memakan waktu lama. kemudahan ini membuat informasi dan komunikasi dapat bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain dengan waktu yang relatif singkat.

Teknologi dan Bahasa di era saat ini mengalami globalisasi yang sangat meningkat, dimana yang kita ketahui globalisasi dapet di definisikan sebagai sebuah jaringan kerja yang meliputi seluruh dunia, sehingga dapat membentuk hubungan antar bangsa dan negara. Hubungan – hubungan langsung seperti perdagangan dapat dipererat dengan adanya metode untuk berintraksi, misalnya menggunakan telephon, menggunakan jaringan internet atau surat elektronik lainnya. Hal tersebut berperan sangat penting dalam menyebarkan globalisasi ke antar bangsa atau seluruh dunia.

Terutama dengan semakin mudahnya pembelajaran dan penggunaan bahasa. Kamunikasi dapat dilakukan lebih mudah tanpa memerlukan penerjemah diantara bahasa asing lainnya bahasa Inggris lah  biasa nya menjadi bahasa yang paling mudah mempengaruhi bahasa-bahasa lainnya, dikarenakan bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional. Bahasa indonesia sendiri adalah bahasa melayu yang di jadikan sebagai bahasa resmi republik Indonesia dan bahasa persatuan bangsa Indonesia. bahasa Indonesia di  resmikan penggunaannya sehari setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia, bahasa indonesia terus mengalami perubahan. Bahasa indonesia dapat di bertahan di era globalisasi dan teknologi. 

oleh Alif Bimo Saputro via Kompasiana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *