DEW Direktori Indonesia

Mengulas Pendidikan dan Teknologi

Pemanfaatan Google Classroom

Di masa sekarang, di zaman yang serba modern apalagi di tengah kondisi yang terdampak Covid-19, peran teknologi dalam berbagai aspek kehidupan semakin meningkat. Khususnya di bidang pendidikan.

Tak terasa, sejak bulan Maret sampai saat ini sistem pembelajaran di Indonesia sudah melakukan pembelajaran daring. Pembelajaran di sekolah di berlangsungkan dengan cara daring (online).

Sekarang sudah banyak aplikasi yang di gunakan oleh tenaga pendidik untuk mendukung penyampaian pembelajaran. Aplikasi yang dapat digunakan untuk pembelajaran daring salah satunya adalah Google Classroom. Mungkin bagi anda sekalian yang sedang menekuni atau bahkan sudah terjun dalam dunia pendidikan sudah tak asing lagi dengan aplikasi ini.

Google Classroom adalah sistem pembelajaran yang dikembangkan oleh google untuk sistem pembelajaran secara online, aplikasi ini juga bertujuan untuk menyederhanakan, pendistribusian, dan penetapan tugas tanpa menggunakan kertas.

Google Classroom merupakan platform aplikasi pembelajaran campuran online yang dapat digunakan secara gratis. Pengajar dapat membuat kelas mereka sendiri dan membagikan kode kelas atau undang siswa.

Google Classroom bertujuan untuk membantu di semua lingkup pendidikan yang membantu siswa menemukan atau mengatasi kesulitan belajar, membagikan pelajaran dan tugas tanpa harus berpartisipasi di kelas secara tatap muka.

Untuk membuat Google Classroom ini sangat mudah dan praktis. Seseorang yang ingin membuat akun Google Classroom hanya membutuhkan modal berupa akun google dan internet. Cara membuatnya cukup mudah yaitu hanya dengan mengaitkan akun google anda dengan Google Classroom. Berikut langkah-langkah untuk membuat akun Google Classrooom:

Buka browser dan kunjungi https://classroom.google.com untuk melihat halaman Google Classroom. Pastikan anda sudah login GMail di perangkat tersebut supaya lebih mudah

Anda akan melihat halaman utama Google Classroom. Jika anda belum login Gmail, silakan klik tombol SIGN IN di bagian tengah halaman tersebut maka akan membuka halaman login GMail, silahkan login akun GMail yang ingin digunakan.

Karena belum pernah membuat akun Google Classroom, akan ada pertanyaan apakah akun tersebut ingin dikaitkan dengan Google Classroom, klik tombol Continue untuk menyetujui dan melanjutkan.

Selesai, anda sudah berhasil memiliki akun Google Classroom. Selanjutnya, silahkan ikuti kelas kamu atau mulai membuat kelas.

Google Classroom memiliki beberapa komponen yang terdiri dari, forum (stream), tugas kelas (class work), anggota (people), dan nilai. Kita akan bahas masing-masing bagian dari tiap komponen google classroom.

Yang pertama adalah forum (stream), komponen ini di gunakan untuk membuat pengumuman atau pemberitahuan kepada siswa, yaitu dengan mempostingnya di kelas yang di inginkan. Dalam komponen ini guru/dosen dan peserta didik dapat berdiskusi, memberi materi/bahan ajar yang dapat di upload/unggah di forum. Untuk memberikan tugas pun guru maupun dosen dapat mengunggahnya melalui komponen  forum ini.

Kedua adalah tugas kelas (class work), komponen ini berisi tempat untuk memberi tugas, daftar hadir, materi pembelajaran, bahkan evaluasi.

Ketiga adalah anggota, komponen google classroom yang berisikan anggota kelas yang terdaftar.

Keempat adalah nilai, dalam komponen ini guru/dosen dapat menilai tugas yang telah di tugaskan.

Adapun beberapa kelebihan google classroom adalah sebagai berikut:

Pembuatan kelas yang cukup mudah.

Hemat dan efisien waktu, siswa tidak harus mendownload tugas yang diberi. Jadi ada potensi untuk penghematan waktu dari kedua belah pihak.

Mampu meningkatkan kerjasama dan komunikasi. Peserta didik memiliki kesempatan untuk memberikan timbal balik kepada rekan-rekannya dengan mengunggah postingan ke forum.

Berbagi sumber daya yang efisien, praktis, dan cepat.

Disamping ada kelebihan, google classroom juga memiliki kekurangan, beberapa diantaranya  adalah sebagai berikut:

Tampilannya kurang menarik bagi siswa.

Saat google drive penuh, file tidak dapat di kirim.

Waktu pengiriman yang masih bisa di atur.

Sekian yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

oleh Antika Tafrijiyah via Kompasiana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *