DEW Direktori Indonesia

Mengulas Pendidikan dan Teknologi

Pendidikan Luar Biasa, Jurusan dengan Tugas Kemanusiaan

Apa itu Pendidikan Luar Biasa?

Pendidikan Luar Biasa (PLB) adalah salah satu jurusan yang masuk dalam payung Fakultas Ilmu Pendidikan. Berbeda dengan program studi fakultas ilmu pendidikan yang lain, program studi Pendidikan Luar Biasa (PLB) lebih spesifik bagi para mahasiswa yang ingin menjadi tenaga pengajar untuk anak-anak yang mempunyai kebutuhan khusus. Program studi ini membekali para mahasiswa yang kelak akan menjadi pengajar anak-anak berkebutuhan untuk mampu merancang proses pembelajaran dan cara berkomunikasi sesuai dengan keperluan peserta didik. Untuk kalian yang ingin tahu dan ingin mendalami bagaimana cara mendidik anak berkebutuhan khusus, disinilah tempatnya.

Peluang kerja bagi lulusan program studi Pendidikan Luar Biasa cukup besar. Isu disabilitas kini telah mendapat banyak perhatian dari masyarakat maupun pemerintah. Pemenuhan hak bagi komunitas disabilitas pun mulai dilakukan di berbagai bidang, salah satunya pendidikan. Munculnya sekolah-sekolah inklusif yang menerima ABK turut meningkatkan kebutuhan akan tenaga pengajar yang paham mengenai pendidikan luar biasa.

Setiap anak memiliki hak untuk belajar, bekerja, dan menjalani hidup dengan normal dan bahagia, begitupun dengan anak berkebutuhan khusus. Melalui jurusan ini, kita dapat membuka mata kita lebih lebar, bahwa pendidikan untuk semua orang itu wajib adanya, dan persepsi masyarakat terhadap ABK haruslah positif. Disinilah kegigihan kita dipertanyakan, minimnya pemahaman masyarakat tentang hak dan kewajiban ABK membuat para disabilitas cenderung diremehkan dan dikesampingkan.

Apa kalian tertarik dengan tugas kemanusiaan ini? Di bawah ini beberapa Universitas yang memiliki prodi/jurusan Pendidikan Luar Biasa dengan akreditasi A:

1. Universitas Negeri Malang – Malang, Jawa Timur

2. Universitas Sebelas Maret -Surakarta, Jawa Tengah

3. Universitas Negeri Padang – Padang, Sumatera Barat

4. Universitas Negeri Makassar – Makassar, Sulawesi Selatan

5. Universitas Negeri Surabaya – Surabaya, Jawa Timur

6. Universitas Negeri Yogyakarta – Sleman, Yogyakarta

oleh Tata Gading J via Kompasiana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *