DEW Direktori Indonesia

Mengulas Pendidikan dan Teknologi

Peran Orangtua dalam Mendampingi Pendidikan Anak di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 sangat merubah kebiasaan kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Dalam lingkup keluarga, orang tua beserta anak menghadapi situasi yang sangat berbeda dari sebelumnya. Orang tua, yang biasanya pergi bekerja setiap hari, kini harus bekerja dari rumah atau work from home. 

Hal ini pula yang terjadi pada anak, salah satu perbedaan yang signifikan adalah di bidang pendidikan. Dalam masa pandemi, orang tua diberi tugas tambahan yaitu mendampingi anak dalam proses Pembelajaran Jarak Jauh. Bisa jadi berdampak positif bagi hubungan anak dan orang tua tapi banyak juga yang merasa kesulitan menghadapi situasi ini.

Salah satu aktris yang bernama Dela Puspita mengujarkan bahwa “tidak semua anak bisa menyerap pembelajaran online, mau tidak mau orang tua yang harus menjelaskan. Sedangkan pengetahuan orang tua mengenai pembelajaran masa kini akan berbeda dengan pengetahuan orang tua pada saat sekolah dulu”.

Di samping itu, aktris ternama sekaligus seorang ibu, Ussy Sulistiawaty mengaku bahwa ia harus membagi waktu antara bekerja dan mendampingi anaknya belajar. “Awalnya aku kaget, mana mungkin anak bisa sekolah online dengan pelajaran yang sulit. Tapi lama-lama, aku sadar kalau kita harus berdamai dengan keadaan sekarang” Ujar Ussy.

Memang selama ini orang tua menganggap bahwa keterlibatannya dalam pendidikan anak di sekolah hanya sebatas membayar iuran dan rapat komite, masa pandemi ini menyadarkan kita bahwa peran orang tua lebih dari itu. Memang peran orang tua tidak sama persis seperti guru, tapi keduanya ini memiliki tujuan untuk menciptakan interaksi yang hangat kepada anak sehingga menimbulkan motivasi belajar yang tinggi. Dan perlu diingat belajar itu bukan hanya pembelajaran dari sekolah saja, anak-anak bisa bermain di rumah sembari belajar dan mengembangkan potensi lainnya. Untuk itu pentinglah peran orang tua dirumah dalam membimbing anak di masa pandemi

Berikut ini adalah peran yang harus dilakukan oleh orang tua dalam mendampingi pendidikan anak di masa pandemi:

1. Menjadi motivator dan fasilitator

Selama anak melakukan pembelaran online, orang tua harus menjadi motivator bagi anaknya, menyemangati hingga membimbing anaknya dengan penuh kasih sayang. Orang tua harus memastikan anaknya dalam keadaan yang sehat dan mental yang baik. Orang tua memiliki tugas yaitu menyiapkan fasilitas seperti internet yang memadai, tempat belajar yang nyaman dan bersih, alat tulis, buku, dan media lainnya sehingga anak-anak dapat berkonsentrasi dalam melakukan pembelajaran online tersebut.

2. Mengidentifikasi keterampilan dan gaya belajar anak

Keterampilan disini artinya orang tua harus paham akan keterampilan anak-anak menjalani harinya, cara bersosial, atau cara anak mengekspresikan emosinya. Latihlah anak dalam mengatur tugas dengan tanggung jawab dan sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing. Orang tua harus memberikan kesempatan sebesar-besarnya agar anak dapat menemukan minat, bakat, serta postensi yang lainnya, jangan disalahkan jika anak memiliki pendapat yang berbeda, orang tua harus tetap menghargainya.

Selain itu orang tua harus mengenai gaya belajar anak. Anak-Anak memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Anak tidak bisa mengerti pembelajaran dengan maksimal bukan karena mereka paham, akan tetapi kita salah mengartikan gaya belajarnya. Ada anak yang lebih mengerti dengan dijelaskan secara langsung oleh orang tuanya, ada juga yang senang dengan memperhatikan gambar atau tayangan, atau ada juga yang senang dengan belajar ditemani dengan musik.

3. Quality time bersama keluarga

Sempatkanlah berkumpul bersama, biasakan makan bersama keluarga, lakukan hobi bersama, atau bercerita dan sharing tentang bagaimana keadaan hati si anak, pantau terus bagaimana mental anak di masa pandemi ini.

4. Tetap koneksikan anak-anak dengan teman atau saudaranya Untuk mempertahankan kehidupan sosial anak, orang tua dapat memberikan ruang agar anak dapat menghubingi teman-temannya via chat atau video call. Jangan lupa tetap hubungkan anak dengan saudara jauh, ponakan, kakek nenek sehingga mereka bisa saling bertukar cerita di masa pandemi Covid-19 ini.

5. Konsisten

Dalam masa pandemi ini, energi yang orang tua keluarkan akan sangat terasa dampaknya oleh anak. Usahakan tetap luangkan waktu untuk anak, dan mengontrol bagaimana perkembangan mereka. Saat ini orang tua memiliki waktu yang lebih banyak untuk berinteraksi dengan anak, gunakanlah waktu ini sebaik mungkin untuk lebih dekat dengan si kecil.

Kita harus yakin kita dapat melalui pandemi ini dengan baik, tetap menjadi pendamping untuk anak anak kita. Sekian, jangan lupa selalu jaga kesehatan keluarga, dan perhatikan kebutuhan anak di masa pandemi ini.

oleh Salma Saffana via Kompasiana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *